Yuk Ke Watu Congol Lasem!

Namanya Watu Congol, berada di puncak Pegunungan Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Watu Congol berarti batu keluar, bentuk watu congol tampak menyembul dari balik bukit dan berada di bibir jurang.

Untuk menuju ke tempat ini, sebenarnya bisa ditempuh dengan naik sepeda motor tapi jika sehabis turun hujan, akses jalan sangat licin maka banyak pengunjung memilih berjalan kaki jaraknya dari kampung, sekitar satu kilometer.

Karena tingkat kemiringan jalan sangat curam, harus berhati hati dan ternyata betul betul menguras tenaga selama hampir setengah jam berjalan kaki, rasa lelahpun terbayar oleh keindahan alam yang masih alamI.

Dari atas perbukitan, bisa melihat hamparan sawah nan hijau, pesisir pantai utara Jawa dan kota Rembang.Jika ingin berfoto, ada dua titik yang paling digemari area lahan di sisi barat lebih luas, sedangkan di kawasan Watu Congol, agak sempit tentu musti waspada, karena batu berada di pinggir jurang.

Setelah asyik menjelajah alam, tak ada salahnya untuk mencicipi legitnya durian khas pegunungan Lasem durian dengan buliran buah yang cukup tebal, kemudian rasanya juga manis.

Buah durian ini banyak dijajakan oleh warga setempat di pinggir jalan, menuju Watu Congol. Nah, bagi anda yang kebetulan melintasi jalur pantura Semarang – Surabaya, silahkan mampir untuk menikmati sensasi keindahan Watu Congol.

Demikian Laporan Abdul Rohim dari Rembang, Jawa Tengah

see more at: http://www.an.tv/289df234-melihat-rembang-dari-watu-congol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *