Urap Latoh Kuliner Khas Dasun Lasem yang Kaya Gizi

Wartarembang.com– Urap Latoh adalah makanan khas pesisiran di Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Urap latoh merupakan makanan yang terbuat dari bahan baku “latoh” salah satu jenis dari rumput laut yang hidup di Laut Jawa khususnya di Lasem Kabupaten Rembang.

Urap Latoh sangat diminati oleh masyarakat karena rasanya yang begitu khas pesisir dan kaya akan gizi. Bentuk latoh sendiri ini menyerupai telur ikan yang bewarna hijau, untuk ciri-cirinya, berwarna hijau dengan thallus (cabang) berbentuk lembaran, batangan, dan bulatan.

Cara memasak urap latoh cukup sederhana. Latoh yang didapat nelayan dari laut tidak perlu dimasak hanya dicuci bersih kemudian dicampur dengan adonan urap (parutan kelapa dan sambal) dan dipadu dengan daging ikan asap khas Desa Dasun. Sehingga rasa urap latoh sungguh mencerminkan masakan khas pesisiran yang lugas dan kuat.

 

Urap Latoh Kaya Gizi

Kandungan klorofil rumput laut bersifat antikarsinogenik. Terdapat juga kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi yang bisa mereduksi estrogen (jenis hormon). Latoh mengandung zat besi dan protein yang dapat membantu pembentukan hemoglobin dan juga akan mengurangi resiko anemia. Vitamin A dalam latoh mengatasi permasalahan gizi karena kekurangan vitamin A. Mencegah hipertensi karena rumput laut dapat menyerap kelebihan asupan garam dalam tubuh. Antioksidan klorofil dapat berfungsi membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan serat di latoh dapat mempelancar proses metabolisme tubuh sehingga baik untuk makanan untuk diet.

Warung Apung Dasun penyedia kuliner Urap Latoh di Lasem Rembang Jawa Tengah. Warung Apung ini terletak di komplek RTH Desa Dasun yang dikelola oleh BUMDesa Karya Bahari Desa Dasun. Harga satu porsi Urap Latoh di sini sungguh terjangkau tidak sampai Sepuluh ribu rupiah anda dapat menikmati kuliner latoh yang menggoda (dok. Dasun.desa.id, 2018)

Salah Satu Menu di Warung Apung Dasun

Urap Latoh sangat cocok dimakan bersama dengan nasi liwet hangat dan tempe daun jati goreng hangat. Anda dapat menjumpai dan menikmati Urap Latoh kuiner khas Dasun Lasem ini di Warung Apung Dasun, Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Harganya sangat terjangkau, rasanya pun sangat recommended enak gurih serta nikmat.

Bagi anda yang ingin makan makanan yang enak bergizi dan harga terjangkau, berkunjunglah di Warung Apung Dasun menikmati Urap Latoh dan makanan khas pesisiran lainnya dipadu dengan pamandangan saujana yang elok tambak Dasun, Gunung Lasem serta hamparan sawah yang memikat mata. [Exsan]

Jurnalis Metro TV sedang menikmati Urap Latoh di Warung Aung Dasun pada Januari 2018 lalu. Gadis Bianka yang merupakan pembawa acara Metro Journey sampai ketagihan kelezatan urap latoh di Warung Apung Dasun dengan habis 2 porsi (dok. Dasun.desa.id, 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *