Siswa SMA Kartini Mengikuti Lomba Debat Parlemen

wartarembang.com – Siswa SMA Kartini Rembang mengikuti lomba Debat Parlemen. Lomba Debat Parlemen ini adalah lomba tingkat SMA/SMK/Sederajat baik negeri ataupun swasta se Provinsi Jawa Tengah di SMAN 3 Semarang. Kali ini SMA Kartini Rembang mengirim dua regu/ enam siswa untuk mengikuti lomba tersebut. Tim A terdiri dari tiga siswa yaitu Mutmainah, Diana Tirawati Dewi, dan Titik Setyoweni. Tim B terdiri dari tiga siswa yaitu Brenda Lutfi Woro Sekar, Putri Gita Rahayu, M. Nurrohman Yustian.

Tema kali ini adalah Gema Mitra Pelajar 2018  Menuju Indonesia Emas. Melalui tema tersebut, terdapat beberapa sub tema yg dijadikan bahan debat (oposisi ataupun proposisi), yaitu tema sosial, budaya, lingkungan, dan permasalahan-permasalahan mulai dari bidang ekonomi hingga politik yang terjadi di Indonesia.

Lomba Debat Parlemen se Jawa Tengah yang dilaksanakan di (doc. SMA Kartini, 2018

Menurut pengakuan Diana Tirawati Dewi, siswa SMA Kartini, tema ini sangat menarik karena mereka diharuskan untuk membaca berbagai macam literasi dari berbagai sumber.

“Lomba semacam ini sangat baik untuk mendukung program pemerintah mengenai literasi di sekolah,” tambah Brenda Lutfi Woro Sekar.

“Bingung, bingung. Karena bekal kami hanya mengandalkan literasi di sekolah yang hanya 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Dengan latar demikian, maka minat baca anak-anak msh sangat kurang sekali,” imbuh Putri Gita Rahayu.

“Awalnya mereka down ketika tahu yang ikut adalah dari sekolah-sekolah favorit. Tetapi setelah mereka ikut TMlomba dari SMA Kartini ini on fire,” cerita Danang Pamungkas selaku guru pendamping lomba.

“Dari awal pak Danang dan saya optimis. Memang tidak menarget juara, yang penting anak bisa tampil dan tidak memalukan. Alhamdulillah mereka tidak mengecewakan. Walaupun tidak bisa masuk babak selanjutnya. Anak-anak memang agak kecewa, tetapi kami salut dengan semangat anak-anak yang ada,” tambah Prastika Ristianingrum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.