Sejarah Desa Bulu (Liputan Rembang TV)

wartarembang.com-Desa Bulu Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang merupakan desa yang berada selatan kota Rembang, berbatasan langsung dengan kabupaten Blora. Di Desa Bulu Terdapat  makam Pahlawan Nasional RA. Kartini yang merupakan pahlawan perempuan yang berjuang melahirkan pergerakan nasional Indonesia.

Sejarah Desa Bulu diperkiraan ada semenjak zaman kerajaan Mataram Yogyakarta. Salah satu tokoh awal yang datang di Bulu adalah Eyang Jenggot. Nama Bulu diambil dari nama sebuah pohon besar yang mempunyai bulu dan berakar kuat yang mampu menyimpan banyak air.

Menurut cerita Mbah Marsam yang merupakan juru kunci punden Eyang Jenggot. Nama Bulu diambil dari nama pohon yang ketika itu dipakai oleh sosok Maling Kenthiri yang dalam perjalanannya ketemu dengan Eyang Jenggot dan berteduh di bawah pohon bulu. Sehingga Eyang Jenggot bersabda pohon besar yang menaungi Maling Kenthiri tersebut dijadikan nama sebuah lokasi yang dipakai untuk istirahat. Karena lokasi tersebut memberikan ketentraman dan pengayoman. Maka nama Bulu dipakai sebagai nama desa hingga sekarang ini.

Eyang Jenggot merupakan nama samaran yang mengemuka dikalangan warga yang dipercaya sebagai sosok penghuni awal. Beliau merupakan sosok telik sandi dari Kerajaan Mataram Yogyakarta yang mengajarkan kearifan kedamaian dan keseimbangan.

Punden Eyang Jenggot dan Maling Kenthiri berada di sebelah timur komplek makam RA. Kartini yang dikelilingi tanaman besar yang bernama tanjung. Warga sekitar terkhusus Mbah Marsam percaya, bahwa punden dan pohon tersebut dijadikan tempat tinggal sosok Eyang Jenggot dan Maling Kenthiri.

Ada sesuatu yang disampaikan Eyang Jenggot kepada Mbah Marsam dan warga Bulu. Bahwa, warga dilarang menanam tanaman tales, ketan hitam dan kedelai. Menurut cerita masyarakat ada warga pendatang yang berani menanam ketan hitam, sudah dikasih tahu warga jangan tanam tanaman tersebut tetapi dihiraukan. Akhirnya warga pendatang tersebut mengalami kebutaan mata. Berobat dibeberapa rumah sakit tak kunjung sembuh, terakhir dibawa ke rumah Dukun Jowo yang berpesan agar tanaman ketan hitamnya agar segera dicabut kalau menginginkan kesembuhan. Akhirnya Petani tersebut mencabuti tanaman ketan dibantu anaknya dan pada saat itu juga mata dari Petani tersebut dapat melihat anaknya. [Mahmudi]

Berikut liputan Rembang Tv mengenai Sejarah Desa Bulu Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *