Rumah Batik Tulis

Wartarembang.com – Rumah batik tulis merupakan rumah tempat membatik yang didesain sedemikian rupa dengan pendekatan ramah anak, ramah lingkungan, dan ramah kunjungan. Tiga pendekatan tersebut digunakan dalam rangka menggunakan rumah batik tulis menjadi ikon untuk kampanye batik tulis ramah anak, batik tulis ramah lingkungan, batik tulis ramah kunjungan.

 

 Sesuai dengan tiga pendekatan tersebut di atas, konsep rumah batik tulis memiliki tiga ruang display. Pertama, display ramah anak. Kedua, display ramah lingkungan. Ketiga, display ramah kunjungan. Berikut ini adalah ulasan dari tiap-tiap bagian dari rumah batik tulis.

 

 Pertama, rumah batik tulis bagian display ramah anak. Display ramah anak merupakan ruangan rumah batik yang berfungsi untuk mengenalkan batik tulis kepada anak-anak. Sesuai dengan fungsinya, maka ruangan ini mendisplay beragam produk yang berguna untuk pembelajaran batik tulis. Beberapa produk yang didisplay di ruang ini adalah buku batik, buku batik tulis, buku membatik, peralatan batik, hasil penelitian batik, dan beragam foto dan video yang memuat tentang batik tulis. Karena ruangan ini adalah ruang ramah anak, maka ruangan didesain sedemikian rupa agar anak suka dan senang ketika di ruangan ini. Selain itu, ruangan ini juga memuat ruangan yang berfungsi untuk observasi anak, yaitu ruangan  observasi bagi orang tua yang mengantar anaknya ke rumah batik tulis.

 

Aneka Motif batik tulis yang diproduksi Ahmad Harnoto di Rumah Batik Tulis

 

Kedua, rumah batik tulis bagian display ramah lingkungan. Dislpay rumah batik ramah lingkungan merupakan rumah batik yang didalamnya memuat tentang berbagai hal agar batik tulis memiliki semangat penyelamatan lingkungan. Ruh dari ruangan ini adalah adanya kesadaran bagi semua mahluk agar dalam berinteraksi dengan lingkungan, harus memiliki tanggung jawab untuk berbuat baik sesama mahluk dan lingkungan. Ruh ini kemudian diejawantahkan dengan display rumah batik yang didalamnya memuat tentang pembibitan tumbuhan untuk bahan warna alami batik, penanaman tumbuhan yang menyerap karbon hasil asap aktivitas mencanting, dan tata daur ulang limbah batik tulis untuk kerajinan dan media tanam tumbuhan. Fungsi dari display rumah batik ramah lingkungan ini adalah ruangan untuk membatik. Ruangan ini juga diperuntukkan para pemulia, pengamat, dan peneliti batik tulis dalam rangka mengamati, menikmati, merasakan, dan memikirkan hal ihwal yang berhubungan dengan batik tulis yang ramah lingkungan.

 

Kecantikan Batik Tulis Lasem yang diproduksi oleh Rumah Batik Tulis milik Ahma Harnoto, dok.penulis,2018

 

Ketiga, rumah batik tulis bagian display kunjungan. Rumah batik tulis display kunjungan merupakan ruangan yang berfungsi untuk para pengunjung (istimewa) yang bertujuan untuk mendalami hal ihwal yang berhubungan dengan rumah batik tulis. Bagian display ini dilengkapi dengan rumah gladak dan taman batik. Rumah gladak berfungsi untuk tempat display produk batik tulis, handycraft berbahan batik tulis,  yang juga dilengkapi dengan kamar peristirahatan para pengunjung rumah batik tulis. Adapun taman batik berfungsi untuk kegiatan santai para pengunjung rumah batik tulis yang sejuk, indah, dan alami.

 

Demikian gagasan sederhana tentang rumah batik tulis. Adapun konsep rumah batik ini dapat diperdalam lagi dengan turunan tulisan tentang rumah baca batik, rumah canting, taman batik. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

 

Penulis: Ahmad Hanoto (Pemilik Rumah Batik Tulis Pamotan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *