Program Keputrian SMA Kartini Akhirnya Membuahkan Hasil

Akhirnya Kabupaten Rembang dinyatakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian BE KRAF (Badan Ekonomi Kreatif) menjadi Kabupaten Kreatif, setelah dilakukan Penilaian Uji Petik selama dua hari dibeberapa spot terpilih. Dan SMA Kartini memiliki peranan penting dalam hal tersebut.

Sejak yaitu 11-12 Oktober 2018, PMK31 (Penilai Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia melakukan Penilaian Uji Petik ke beberapa tempat di Kabupaten Rembang. Kabupaten Rembang memiliki tiga daya tarik yaitu Seni Kriya, Kuliner dan Pementasan seni. Dari hasil Uji Petik tersebut, Rembang di tetapkan sebagai Kabupaten Kreatif dibidang Seni Kriya karena dari bidang Akademisi, yang mendukung secara sinergi untuk melestarikan Seni Kriya Batik Tulis Lasem diantaranya SMA Kartini yang memiliki mata pelajaran Keterampilan Membatik dan eskul Membatik sampai mendapatkan sertifikasi perajin batik. Dan lebih dari 600 Pelaku Usaha membidangi seni Kriya Batik tulis Lasem.

Ruang membatik yang dimiliki SMA Kartini Rembang (doc. WartaRembang, 2018)

“SMA Kartini sebagai salah satu sekolah yang menjadi spot uji petik, keberadaannya ikut menjadi penentu kabupaten Rembang sebagai Kabupaten kreatif karena memiliki kegiatan yang mendukung Seni Kriya Batik Tulis Lasem,” tegas Ida Khoiriyah, Kepala SMA Kartini Rembang.

Peran penting SMA Kartini dalam uji petik terasebut, karena SMA Kartini memiliki mata pelajaran Keterampilan Membatik dan Ekskul Membatik.

Produk batik tulis karya Siswa SMA Kartini (doc. WartaRembang, 2018)

“Kami akan menindaklanjuti dengan pembuatan proposal yang rencana kegiatannya bisa mengangkat SMA Kartini dalam memajukan Batik Tulis Lasem,” pungkas Kepala Sekolah Program Keputrian di Rembang ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.