PROFIL LKP BINA DHUAFA

Wartarembang.com-LKP Bina dhuafa adalah lembaga kursus dan pelatihan di bawah naungan Yayasan Bina Dhuafa. “Solusi Tepat Pendidikan Komputer” merupakan slogan LKP Bina Dhuafa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dan anak-anak. LKP Bina Dhuafa berdiri sejak tahun 2013. Lembaga ini juga kerap digunakan masyarakat untuk kerja.

LKP Bina Dhuafa berdiri atas dasar keprihatinan karena masih banyaknya anak-anak di perdesaan yang minim keterampilan komputer. Padahal keterampilan komputer saat ini sangat penting dibutuhkan dalam dunia sosial dan dunia pekerjaan. Untuk itu perlu adanya layanan sosial dalam bentuk kursus dan pelatihan agar anak-anak diperdesaan mengenal, memahami, menguasai, hingga memanfaatkan keterampilan komputer dengan baik. Dari semangat itulah, LKP Bina Dduafa berdiri.

Dokumentasi kursus komputer dasar, (dok: LPK Bina Dhuafa,2018)

 

Lembaga Kursus dan pelatihan komputer ini bersifat nonprofit/ nirlaba. Kebutuhan peralatan dan  operasional LKP masih disupport oleh Yayasan Bina Dhuafa dengan kategori alakadarnya. Lokasi LKP BIna Dhuafa terletak di desa Kumbo, kecamatan Sedan kabupaten Rembang. Adapun alamat kantornya ada di dukuh Palan desa Pamotan Rembang Jawa Tengah Kodepos 59261.

Pada saat ini, LKP Bina Dhuafa memiliki 20 unit komputer, 2 komputer editing, 1 camcorder, 2 tripot, 1 jaringan wifi 10 mpbs, dan 2 ruang gedung (pelatihan dan kantor). Fasilitas yang ada memang jauh dari standar. Namun LKP Bina Dhuafa selalu berupaya berjejaring dan kerjasama untuk melengkapi layanan agar kursus dan pelatihan dapat berlangsung optimal.

Dalam rangka mewujudkan mimpi agar anak-anaknya di perdesaan memiliki keterampilan komputer, LKP Bina Dhuafa memiliki beberapa program. Tercatat terdapat Sembilan program unggulan, berikut ulasannya.

Tabel. Program LKP Bina Dhuafa

No. Program Sasaran Program Keterangan
1. Pelatihan instruktur computer Pelatih/ guru Kurang pelatih
2. Kursus computer dasar Anak sekolah Aktif
3. Kursus desain grafis Masyarakat Aktif
4. Kursus ecommerce/ toko onlie Masyarakat Aktif
5. Kursus multimedia Masyarakat Terbengkalai
6. Pendampingan UMKM Masyarakat Aktif
8. Layanan Komputer Pintar Masyarakat Aktif
9. Program Kerjasama Terbatas Aktif

Sumber: Data LKP Bina Dhuafa Tahun 2013 s.d sekarang

Sarana prasarana di LPK Bina Dhuafa, (dok: LPK Bina Dhuafa, 2018)

Dalam mengimplementasikan program di atas, LKP Bina Dhuafa merealisasikannya dengan melakukan dua layanan, yaitu layanan kursus dan layanan pelatihan. Adapun kategori layanan dan capaian, sebagai berikut.

Tabel. Layanan Kursus dan Layanan Pelatihan

Kategori Layanan Capaian
Kursus Pelatihan
Pelatihan Instruktur Komputer Instruktur pofesional 75%
KursusKomputer Dasar Mahir office 2010 90%
Kursus Desain Grafis mahir desain grafis photoshop dan corell 50%
Kursus Ecommerce membuat website toko online 30%
Kursus Multimedia mahir editing video pinnacle studio 20 30%
Pendampingan UMKM Usaha percetakan
Usaha warnet
Layanan Komputer Pintar Pendampingan pembelajaran 85%
Program Kerjasama Rembangtv dan wartarembang.com 60%

Sumber: Data LKP Bina Dhuafa Tahun 2013 s.d sekarang

Dalam rangka melakukan layanan kursus dan pelatihan berbasis masyarakat dan anak-anak, kami LKP Bina Dhuafa berbaharap dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan layanan kursus dan layanan pelatihan. Dalam waktu mendesak, kami LKP Bina Dhuafa menginginkan beberapa hal diantaranya; e-library, buku kursus dan pelatihan, instruktur yang professional,  dan alat multimedia yang lengkap.

LKP Bina Dhuafa Solusi Tepat Pendidikan Komputer

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *