Pesona Pulau Gosong

wartarembang.com, Lasem- Pulau Gosong Dasun, Lasem, merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah utara pantai dasun, Laut Jawa. Pulau ini terbentuk dari aktivitas endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, pulau ini semakin lama semakin membesar yang akhirnya membentuk sebuah pulau baru.

Untuk mencapai lokasi Pulau Gosong Dasun dengan luasan kurang lebih 5 ha, dengan menggunakan perahu nelayan setempat, pengunjung cukup memerlukan waktu 20 menit. Adapun jarak tempuh pulau gosong dari bibir pantai Dasun adalah sekitar 3 km. Diiringi dengan deburan air laut di badan kapal nelayan yang ramah, pengunjung akan disuguhi panorama barisan ikan-ikan kecil yang melintas di atas permukaan Laut Dasun. Sesekali pengunjung juga disuguhi koloni burung laut yang melintas menuju pulau gosong sebagai habibatnya.

sam_3653
Salah satu karang di Pulau Gosong tampak menyatu dengan laut dan Gunung Lasem, Dok. Exsan Ali Setyonugroho (19/09/2016)

Setiba di Pulau Gosong Dasun, sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhi hamparan air laut yang jenih dengan dasar batu karang yang elok. Tampak jelas batu karang di Pulau Gosong Dasun ini. Batu karang itu tampak nyata. Batu karang yang ada di Pulau Gosong masih tumbuh dan hidup dengan baik. Tampak batu karang dengan mozaik warna yang beragam dan anggun. Pulau yang penuh dengan karang ini tampak indah sekali.

sam_3650
Sisi barat Pulau Gosong terdapat daratan yang belum tenggelam air, dimanfaatkan koloni burung camar untuk mencari makan, Dok. Exsan Ali Setyonugroho (19/09/2016)

Pada saat air laut pasang, terlihat tiga daratan karang yang tidak begitu luas. Namun ketika air laut surut, luasan pulau gosong ini tampak besar dan eksotis. Batu karang dan duri babi sangat mudah kita jumpai di sana. Terlihat ada tiga gundukan pulau karang. Di pulau Gosong inilah, menjadi habitat burung laut. Burung laut ribuan tampak tenang berkoloni di pulau ini.

Jika para pengunjung tertarik mengunjungi pulau gosong, disarankan pada waktu sore hari. Pengunjung pasti akan mendapatkan moment yang cukup menarik.

sam_3621
Tampak siluet tiga orang pengunjung di Pulau Gosong, Dok. Exsan Ali Setyonugroho (19/09/2016)

Pesona Pulau Gosong sungguh tiada duanya. Air lautnya sangat jernih, altar pulaunya Gunung Lasem, ragam biota laut cukup beragam, terlebih saat-saat temaramnya sinar matahari. Pulau Gosong ini sangat cocok digunakan untuk kunjungan belajar. Bagi para guru, pelestari karang, para siswa, hingga pegiat sosial, sangat cocok untuk dijadikan tempat kunjungan belajar bersama. Selamat menikmati pesona Pulau Gosong Dasun, Lasem. [shd]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *