Peringati HUT Ke-63, RSUD dr. Soetrasno Rembang Gelar Seminar Kesehatan

Wartarembang.com-Seminar Kesehatan yang diadakan di Fave Hotel Rembang, Selasa (20/02) dalam rangka menyambut HUT RSUD dr. R Soetrasno Rembang yang Ke-63. Seminar kesehatan mengusung tema Generasi Emas, Generasi Bebas Asap Rokok. Harapan dari panitia mengusung tema tersebut agar generasi penerus Rembang mampu memanfaatkan dirinya dalam bermasyarakat secara baik dengan tidak mengkonsumsi rokok. Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh empat pemateri yang profesional dalam bidang kesehatan. Kemenkes oleh dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M. Kes, Bupati Kulon Progo Yogyakarta dr. H. Hasto Wardoyo, Sp OG (K), dan Dokter spesialis jantung dan Pembuluh Darah RAA Soewondo Pati dr. Mustika Mahbubi, Sp. JP.

Seminar Kesehatan dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta dari kalangan siswa, guru BK, dokter, perawat, organisasi Muhammadiyah, organisasi NU, dan komunitas-komunitas Rembang yang ikut andil dalam keberpengaruhan masyarakat. Peserta sangat antusias mengikuti seminar nasional, terbukti dari jawaban oleh salah satu siswa setelah diwawancarai. “Saya sangat senang dan semangat setelah mendengar kalau saya yang mewakili teman-teman untuk mengikuti seminar ini, dan saya sangat setuju dengan tema yang diusung, generasi emas tanpa asap rokok”, semangat Sholikin siswa SMK Muhammadiyah Pamotan ketika menjawab pertanyaan dari pewawancara.

dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M. Kes menyampaikan peranan bidang kesehatan dalam pengendalian dampak tembakau terhadap kesehatan, antara lain: membangun regulasi terkait perubahan perilaku merokok, kawasan tanpa rokok, pengaturan peringatan kesehatan berbentuk gambar (pictorial heath warning), layanan umum berhenti merokok, dan pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau dan pajak rokok (DBHCHT) dalam materi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan perilaku tidak merokok. “Rokok memiliki risiko serangan jantung yang tinggi, perokok tanpa faktor risiko lain memiliki risiko 2 kali lipat terkena jantung. Setelah berhenti merokok dalam waktu setahun, penyakit jantung koroner berkurang sebanyak 50%,” jelas dr Mustika Mahbubi, Sp. JP. Pesan dari dr. H. Hasto Wardoyo, Sp OG (K), jadilah generasi muda yang berkarya, dan karyamu bermanfaat untuk orang lain.

“Kebijakan dan regulasi untuk bebas rokok harus diprioritaskan. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta mampu menjadi motivator peduli lingkungan dan sebagai contoh untuk masyarakat dalam kegiatan bebas rokok,” ujar moderator, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang mengakhiri acara.

Penulis:

Foto penulis Ana Aminatul Aliyah – Lulusan Pendidikan Kimia UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *