PENENTU GRADE KACANG TANAH

wartarembang.com – Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan cermati ketika kita sudah melakukan pengiriman kacang tanah ke pabrik. Hal yang sangat penting dalam menentukan grade kacang sehingga berpengaruh pada harga adalah refraksi. Baik Petani, Suplyer yang menjual hasil kacang langsung ke pabrik kudu jeli dengan hal ini.

Refraksi kacang berpengaruh pada, satu cenos atau kacang muda. Kedua, Kotoran (tanah atau batu), ketiga jembros atau ekor kacang selanjutnya terdapat koreng. Kacang korengan ini masuk dalam grade netral, artinya masuk di kuantitas tetapi tidak masuk dalam kualitas.

Pasca panen kacang menjadi indikator penting dalam penentuan refraksi sehingga bruto menjadi bertambah dan nilai netto menjadi berkurang.

Ada hal lagi yang menarik, ketika kacang sudah masuk ke ruangan grading. Penjual didampingi Grader menentukan kacang dalam pemutusan grade. Dari satu sak kacang dari berbagai macamĀ  jenis (kacang tua,muda,berjembros, bertanah, terdapat koreng) diambil dan dipilih menjadi 250-500 gram.

Dalam hal inilah Petani atau penjual wajib teliti, jangan sampai ketika kacang yang diulet secara bersama menjadi pilihan akhir yang salah. Jangan sampai memilih kacang yang terdapat banyak tanah yang rontok dari kacang melalaui proses pencampuarn atau uletan tadi. Di sinilah letak gamblingnya, tetapi penjual selalu didampingi grader agar bisa membantu memberi masukan dalam memilih pilihan akhir kacang. Lalu proses selanjutnya kacang dicuci hingga bersih lalu diletakkan di meja Grader menentukan kualitas kacang. (wartarembang/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.