Penelitian Terumbu Karang Pulau Gosong

wartarembang.org, Rembang- Dua siswa SMAN 1 Pamotan, Siti Hajar dan Nurul Huzaimah berhasil melakukan penelitian tentang terumbu karang di Pulau Gosong, Lasem pada 13-20 Oktober 2016 lalu. Penelitian tersebut berjudul “Penyebab Rusaknya Terumbu Karang di Pulau Gosong dan Model Pelestariannya.”

Penelitian yang dilakukan Hajar dan Nurul berhasil lolos dalam seleksi Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/SMK se-Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Diponegoro. Rencananya akan dipresentasikan dihadapan dewan juri pada Sabtu, 5 Nopember 2016 di Undip, Semarang.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor mengapa terumbu karang di Pulau Gosong rusak. Serta bagaimana model pelestarian yang harus dilakukan terhadap Pulau Gosong,” ungkap Siti Hajar sebagai ketua kelompok.

“Kami sangat prihatin terhadap keadaan terumbu karang yang berada di Pulau Gosong, kondisinya sangat kritis. Hal itu juga diungkapkan oleh Pak Jarwo kepala desa Dasun, saat kami wawancarai. Untuk saat ini kami menyimpulkan ada 5 faktor yang menyebabkan terumbu karang di Pulau Gosong rusak, antara lain: faktor budaya, faktor mata pencaharian, faktor wisata, faktor ekologi, dan faktor keterbatasan,” tambah Nurul Huzaimah.

Siti Hajar dan Nurul Huzaimah juga berhasil menemukan model pelestarian terumbu karang di Pulau Gosong, yaitu dengan program wisata bahari berbasis konservasi. Wisatawan datang harus dengan ketentuan pelestarian yang sangat ketat. Selain tidak merusak, kedatangan mereka harus disertai aktivitas pelestarian seperti menanam bibit terumbu karang, menebar benih ikan, penelitian aktivitas terumbu karang, dan aktivitas lain yang menunjang pelestarian terumbu karang di Pulau Gosong.

Selama satu minggu, Siti Hajar dan Hurul Huzaimah mengumpulkan referensi, melakukan observasi langsung ke Pulau Gosong, wawancara dengan  para nelayan, pemuda, pemerhati, dan ahli untuk mendapatkan data. Mereka lalu mengumpulkan semua data yang ada untuk kemudian dianalisis.

Pulau Gosong merupakan sebuah pulau karang yang berada di Laut Jawa, sekitar 3 Kilometer dari muara Sungai Dasun. Pulau ini cukup indah, ia tersusun dari ribuan terumbu karang. Keberadaannya tak lepas dari pasang surutnya air laut, jika air laut pasang luas pulau bisa bertambah dan begitu sebaliknya.

“Semua harus terlibat dalam program pelestarian terumbu karang. Semua harus memiliki tekad yang sama, yaitu menjaga dan melestarikan terumbu karang di Pulau Gosong, termasuk terumbu karang di Indonesia,” tegas Nurul. [ean]

Pulau Gosong
Siti Hajar dan Nurul Huzaimah sedang mengidentifikasi salah satu terumbu karang di Pulau Gosong, dok. peneliti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *