Masyarakat Lasem “Reresik” Kali Lasem

Wartarembang.com– Masyarakat Lasem dari berbagai elemen, mulai dari pemerintah kecamatan Lasem, Pemerintah Desa Se Kecamatan Lasem, Sekolah di Kecamatan Lasem serta masyarakat umum bahu-membahu reresik atau membersihkan Kali Lasem, Sabtu (15/09/2018).

Dikoordinir langsung oleh Camat Lasem, Hardjono, Reresik Kali Lasem ini mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari masyarakat. Ratusan orang bahu membahu membersihkan sampah di tepi Kali Lasem, Desa Gedongmulyo. Anak-anak sekolah juga tak kalah, mereka bersatu padu memasukan sampah dedaunan dan plastik di karung yang berbeda.

Tampak para siswa juga ikut membersihkan Kali Lasem (dok: penulis/2018)

Hadir pula seluruh kepala desa se-Kecamatan Lasem dalam reresik ini. Reresik Kali Lasem ini dimaksudkan untuk menyambut Hari World Clean Up Day serta menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat sungai dan membuang sampah pada tempatnya-tidak di sungai.

Perlu diketahui, banyak masyarakat yang mengeluhkan banyak sampah di sepanjang Kali Lasem terutama di Desa Tepi Sungai, Yakni Gedongmulyo, Sorotan, Karangturi, Jolotundo, dan Babagan. Camat Lasem berharap kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Karena Kali Lasem inilah merupakan saksi bisu masuknya kebudayaan yang mengharmoniskan Lasem sampai sekarang ini. Bisa dikatakan, bahwa Kali Lasem adalah pintu masuk kebudayaan dari luar yang bisa menyatu dengan Lasem. [Ean/2018]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.