Empat Desa Di Rembang Terpilih Program PerpuSeru

wartarembang.com, Lasem- Program PerpuSeru adalah program pengembangan perpustakaan yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi  dengan tujuan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat di Indonesia.

Menurut Sohib, salah satu anggota PerpuSeru Indonesia, saat ditemui di Desa Dasun, Lasem (18/02/2017), menjelasakan program PerpuSeru di Kabupaten Rembang sudah berlangsung sejak tahun 2016 dengan fokus di perpustakaan daerah Kabupaten Rembang terlebih dahulu. Tahun 2017 ini PerpuSeru di Rembang berfokus di perpus desa-desa binaan.

“Perpustakaan Seru ini masuk ke Kabupaten Rembang di tahun 2016, saat itu kami bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Rembang, dan di tahun ke dua yakni 2017 kami mereplikasi program PerpuSeru ke empat desa yang kemarin sudah dipilih oleh teman-teman di Perpusda, kemudian kami dari Jakarta melakukan verifikasi kepada empat desa yang ditawarkan kita dan hasilnya empat desa tersebut sudah terpilih menjadi program PerpuSeru,” ungkap Sohib.

Terkait empat desa yang terpilih mengikuti program PerpuSeru di Kabupaten Rembang, Sohib menjelaskan, “Akhirnya telah terpilih empat desa yang mengikuti program PerpuSeru, yang pertama adalah Desa Meteseh, kedua Desa Dasun, yang ketiga Desa Trembes, dan yang keempat Desa Sanetan.”

Sohib menjelaskan, program pemberdayaan melalui perpustakaan yang akan dilakukan oleh PerpuSeru akan berfokus pada pemusatan kegiatan masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis teknonologi dan informasi kekinian yang menarik.

“Program perpustakaan ini adalah kami akan mentransformasikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi komputer, kalau dulu (perpustakaan) hanya belajar yang berfokus dengan buku saja, diharapkan dengan kehadiran perpuSeru itu menjadi daya tarik supaya masyarakat berbondong-bondong datang ke perpustakaan,” tandas Sohib.

Rencananya program ini akan dimulai pada tangal 8 Maret 2017 dengan penerimaan seperangkat komputer secara simbolik. Kemudian akan ada berbagai macam pelatihan perpustakaan berbasis teknologi informasi yang melibatkan desa-desa yang masuk program PerpuSeru di Kabupaten Rembang. [ean]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *