Kristal Garam Dasun Istimewa

wartarembang.com, Pamotan- Desa Dasun, Kecamatan Lasem, tidak hanya memiliki panorama sungai, pantai, dan mangrove yang elok dipandang mata, namun juga memiliki pusaka kultural yang eksotis berupa tambak dan proses pembuatan garam.

Bandeng kualitas unggul dan Kristal-kriltal garam putih banyak dihasilkan di tambak Dasun. Dasun memiliki daerah tambak yang cukup luas, hampir 3/4 wilayahnya adalah tambak. Tambak-tambak Dasun biasanya dimanfaatkan oleh pemiliknya untuk budidaya bandeng, udang, dan khusus musim kemarau yaitu pembuatan garam.

Tambak Dasun saat musim kemarau tiba banyak memberikan manfaat secara ekonomis untuk warga sekitar. Lahan tambak seluas satu hektar selama satu bulan mampu menghasilkan garam rata-rata 15 ton. Inilah salah satu keistimewaan garam Dasun yang mampu menghidupi ratusan orang di sekitarnya.

Pemandangan saat proses pembuatan garam Dasun juga lumayan eksotis. Biasanya para petani garam membuat kincir angin untuk membantu proses pengolahan air garam. Kemudian saat petani mulai panen garam, mereka menggunakan alat pikul yang sederhana dan unik, mereka menyebutnya tolok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *