Jambore Pramuka 2016

wartarembang.com, Pamotan– Pramuka merupakan sebuah kegiatan ekstrakulikuler yang dilaksanakan di sekolah dari SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Dalam kegiatan pramuka banyak anggotanya yang belajar tentang budi pekerti luhur seperti bertakwa kepada Tuhan YME, cinta alam, disiplin, berani, jujur, dll. Semua itu tertuang dalam falsafah luhur Dasa Darma dan Tri Satya yang senantiasa dipegang teguh oleh seluruh anggota pramuka.

Selasa, 30 Agustus 2016 Pramuka Kwartir Ranting Pamotan, Rembang menyelenggarakan acara Jambore Pramuka tingkat ranting Pamotan. Acara ini berlangsung selama tiga hari di lapangan Gersimo Pamotan, dari Selasa, 30 Agustus 2016 sampai Kamis, 1 September 2016.

Jambore Ranting Pamotan dibuka langsung oleh Ketua Kwaran, M. Wiyoto. SE pukul 14.00 WIB. Peserta jambore tampak antusias. Mereka menyambut Kwaran Pamotan dengan tepuk pramuka dan yel-yel yang menggembirakan. Peserta jambore merupakan pramuka tingkat penggalang yaitu usia 11-15 tahun, atau kelas 5 SD sampai 3 SMP di seluruh Kecamatan Pamotan.

Adi Prayitno, sebagai tamu dalam acara jambore tersebut mengatakan bahwa peserta setiap pangkalan/sekolah mengirimkan 8-10 peserta. Sedangkan jambore kali ini tercatat ada 30 pangkalan yang terlibat, terdiri dari SD,MI,SMP dan MTs. Jadi total peserta dalam Jambore Kwartir Pamotan tahun 2016 ini setidaknya ada 300-an peserta.

Acara jambore tahun ini acaranya cukup beragam. Misalnya Selasa malam (30/08/2016) ada sarasehan dengan Ketua Kwarcab, Bayu Andrianto yang juga wakil bupati Rembang. Rabu (31/08/2016) ada acara estafet cikal, dimana Kwartir Pamotan akan menerima cikal dari Kwartir Sale dan kemudian diteruskan sampai depan Rumah Makan Kebonjati.

Acara Jambore Pramuka tingkat ranting diadakan dua tahun sekali. Tahun ini yang menjadi panitia pelaksana adalah Kwaran Pamotan yang juga dibantu DKR dan Saka Bhayangkara tingkat Pamotan yang terdiri dari 36 panitia.[ean]

Jambore Pramuka
Dok. Adi Prayetno 2016
Jambore Pramuka 2016
Dok. Adi Prayetno 2016
Jambore
Dok. Adi Prayetno 2016
Jambore
Dok. Adi Prayetno 2016
Jambore
Dok. Adi Prayetno 2016
Jambore
Dok. Adi Prayetno 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.