HUT BPK Oi Rembang Ke-3 Meriah Dengan Bakti Sosial

wartarembang.com, Lasem- Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Pengurus Kabupaten (BPK) Oi Rembang ke-3 berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, pada Minggu ,19 Februari 2017. HUT BPK Oi Rembang ke-3 kali ini mengusung tema Saling Asah, Saling Asih, Saling Asuh yang secara khusus diambil dari lirik lagu Do’a Iwan Fals.

Menurut Arif Bahtiar, salah satu pengurus BPK Oi Rembang, tema Saling Asah, Saling Asih, Saling Asuh dimaksudkan agar Oi sebagai Organisasi Masyarakat harus menerapkan konsep berkeluarga yang baik. Yakni generasi muda yang menghormati generasi tua, generasi tua mengasihi generasi muda, dan tentunya menyayangi sesama. Lebih lanjut,  generasi tua diharapkan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkreasi dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya.

“Ini adalah konsep kita berkeluarga dalam berumah tangga dan Oi sebagai Ormas juga harus menerapkan konsep seperti Saling Asah, Saling Asih, Saling Asuh itu. Jadi yang tua juga harus mengasihi yang muda, yang muda harus menghormati yang tua, dan kita harus mengasihi sesama itu yang paling penting. Sengaja kami tampilkan tema itu dari lagu Iwan Fals yang berjudul Do’a,” ungkap Arif.

Dalam rangkaian kegiatan HUT BPK Oi Rembang ke-3 ini menurut Arif, memang benar-benar melaksanakan konsep Saling Asah, Saling Asih, Saling Asuh, yang dimulai dengan sowan kepada  KH. Syarofuddin di Leteh, Rembang pada pagi harinya. Sowan BPK Oi Rembang kali ini lebih khusus untuk meminta do’a dan berbagai wejangan dari KH. Syarofuddin. Kemudian setelah sowan, acara dilanjutkan dengan berpawai atau konvoi yang langsung dikawal oleh Satlantas Polres Rembang menuju Desa Karangturi, Lasem untuk jelajah pusaka sejarah.

“Tema jelajah sejarah kali ini, kami bermaksud ingin mengenalkan kepada anggota BPK Oi yang kebanyakan generasi muda tentang nilai-nilai sejarah yang ada di Lasem. Selain mengenalkan nilai-nilai sejarah, kami juga mengenalkan nilai-nilai toleransi kepada sesama. Karena di Lasem salah satu tempat representasi dari bermacam-macam suku dan ras. Kami juga ingin membuktikan bahwa di Lasem inilah contoh toleransi selalu dijaga,” tutur Arif.

Setelah beranjak dari Desa Karangturi, rombongan konvoi HUT BPK Oi Rembang Ke-3 menuju ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dasun untuk melakukan Bakti Sosial yang berupa santunan anak yatim piatu dan pemberian peralatan kebersihan untuk RTH Dasun. Kemudian menyelenggarakan mini konser yang dimeriahkan oleh Obat Awet Muda Band dari Kabupaten Pati dengan mendendangkan lagu-lagu dari Iwan Fals. Arif menuturkan, Adanya potensi baru di Dasun yang berupa Ruang Terbuka Hijau Dasun ini harus dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat.

Kepala Desa Dasun, Sujarwo menyambut baik acara yang diselenggarakan oleh BPK Oi Rembang kali ini. Menurut Sujarwo, selama kegiatan itu positif bermanfaat bagi masyarakat secara umum, berbagai event atau acara di RTH Dasun akan didukung penuh oleh pemerintah Desa Dasun beserta masyarakat. Dalam sambutannya, Sujarwo juga memesankan kepada BPK Oi Rembang supaya bisa menjadi organisasi pelopor berkegiatan anak muda yang positif, yang bermanfaat untuk bersama. [Ean]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *