Hadirilah Malam Pusaka Dasun

wartarembang.com, Lasem- Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang akan menyelenggarakan acara malam pusaka, pada Sabtu, 1 Oktober 2016.

Acara Malam Pusaka Dasun ini terselenggara berkat kerjasama lintas komunitas dan pemerintah Desa Dasun. Beberapa komunitas yang terlibat antara lain: Komunitas Rumah Baca Pamotan, Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem, Dasun Heritage Society, Lasem Cretive Heritage Society, Karangtaruna Ira Adhimukti, Ansor Lasem, wartarembang.com, Yayasan Bina Dhuafa, Rembang Heritage Society, DKR Pamotan, Vista Photograpy, Amuba Entertaiment, H@ns Pamotan, Batik Najwa, Butik Najma, nDasoen Community.

Malam Pusaka adalah sebuah acara kebudayaan yang akan menampilkan atau mempresentasikan pusaka-pusaka yang dimiliki oleh suatu desa. Tujuan dari penyelenggaraan Malam Pusaka sendiri adalah sebagai media pengenalan pusaka-pusaka dan aktivitas pelestarian di desa. Selain itu juga sebagai upaya mengajak masyarakat untuk melestarikan pusaka-pusaka yang dimiliki desanya.

Malam Pusaka sebenarnya telah diinisiasi sejak tahun 2013 oleh Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem. Desa-desa yang telah menyelenggarakan malam pusaka antara lain: Sriombo, Dasun, Tasiksono, Ngemplak, dan Gedongmulyo.

Malam Pusaka Dasun sendiri akan dilaksanakan di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Desa Dasun. Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB dibuka dengan pemutaran film  Selaput dari Amuba Entertaiment serta meet & greet dengan para pemainnya.

Malam Pusaka Dasun selain mempresentasikan pusaka-pusaka yang dimiliki Dasun, juga akan menampilkan pentas seni yang berupa puisi, pencak silat, pantomim dari beberapa komunitas yang terlibat, antara lain Paguyuban Pelestari Pusaka Bhre Lasem, Lasem Creative Heritage Society, Dasun Heritage Society, dll.

Jika ada waktu lapang, silahkan datang di Malam Pusaka Dasun. [ean]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *