Cantiknya Laut Jawa dari Watu Layar

wartarembang.com-Kabupaten Rembang adalah daerah bahari. Berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Garis pantai Kabupaten Rembang sekitar 63,5 Kilometer. Tentu ini merupakan potensi bahari yang luar biasa. Di sana kita temukan komunitas nelayan dengan aneka alat tangkap yang beraneka ragam. Rimbunnya pohon bakau. Beraneka jenis ikan, udang, cumi-cumi, kerang, sampai terasi. Ribuan perahu nelayan dari yang berukuran panjang 7 Meter sampai yang bervolume 10 Gross Tonage bersandar di sungai dan pantai Rembang. Belum lagi potensi garam dan pertambakan dengan penghasil bandeng, udang panami yang melimpah. Rembang layak mendapatkan julukan kota bahari.

Keelokan bahari Rembang, salah satunya dapat kita lihat di Watu Layar, Binangun, Lasem. Watu Layar adalah kawasan perbukitan yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Kawasan Watu Layar dan Laut Jawa hanya dipisahkan oleh Jalan Raya Daendels yang berkelok mengikuti garis Pantai Binangun. Konon, di kawasan inilah orang Campa pertama kali mendarat di Pulau Jawa dan beranak pinak di Lasem, membawa beraneka ragam kebudayaan dan mengakulturasikannya dengan budaya setempat.

Komunitas Nelayan, Potensi Bahari Kabupaten Rembang, Dok. Exsan
Komunitas Nelayan, Potensi Bahari Kabupaten Rembang, Dok. Exsan

Watu Layar kini menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata di Kabupaten Rembang. Keberadaannya semakin hist di kalangan kaum muda yang gemar mengabadikan momen di Watu Layar menggunakan gawai atau ponsel pintar mereka. Keberadaan pohon-pohon di kawasan Watu Layar dihias sedemikian rupa oleh pengelola dan warga Binangun agar semakin menarik. Disediakan pula beberapa kursi dengan bentuk cantik dan menarik agar pas dibuat latar belakang foto.

Berada di Watu Layar tak pas rasanya jika tidak menikmati pemandangan Laut Jawa yang ditaburi perahu dan kapal nelayan yang sedang berlabuh di Pantai Binangun. Suasana Laut Jawa dari Watu Layar sungguh indah, sebuah pusaka saujana, perpaduan beningnya air laut, sunset, perahu nelayan, Jalan Daendels, warung, mobil-mobil sangat serasi dan elok dipandang mata. Seakan ingin berbicara bahwa, “Rembang kota bahari, kelestarian laut, sungai, pantai adalah nafas kami.” [ean]

Melihat Laut Jawa dari Watu Layar, (6/7/2017) Dok. Exsan
Melihat Laut Jawa dari Watu Layar, (6/7/2017) Dok. Exsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *