BPDASHL Pemali Jratun Tempat Pemulia Tanaman

wartarembang.com-Selasa, 14 Februari 2017 Yayasan Bina Dhuafa Indonesia mendapatkan bantuan ribuan bibit pohon dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Pemali Jratun di Bangsri Jepara. Ribuan bibit pohon tersebut antara lain bibit Pohon Sengon 3000 batang, bibit Pohon Jati 2500 batang, dan bibit Pohon Nangka 500 batang.

 
Menurut Direktur Yayasan Bina Dhuafa Indonesia, Ahmad Harnoto, pengadaan bibit ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Rencananya ribuan bibit pohon tersebut untuk gerakan tanam pohon anak-anak sekolah di Rembang dan sebagian lagi akan dibagikan warga secara gratis untuk ditanam. Tentu kegiatan ini dibarengi dengan pembekalan pengetahuan tentang pengelolaan hutan lestari.

 

Merawat Bibit Pohon di BPDASHL Pemali Jratun, Dok. Warta Rembang, 2017

 

Sedangkan penyumbang bibit, BPDASHL Pemali Jratun yang beralamat di Dukuh Krasak, Desa Bangsri, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara ini sudah terkenal sebagai penyedia bibit pohon untuk kegiatan sosial, pemberdayaan masyarakat.

 

Balai yang berada di bawah Kementrian Kehutanan ini memiliki banyak bibit pohon yang dibudidayakan untuk kepentingan masyarat. BDPASHL Pemali Jratun juga memiliki laboratorium yang berguna untuk memantau dan meneliti perkembangan pohon dan bibit untuk ditanam di setiap tekstur tanah yang berbeda.

 

Petugas Sedang memeriksa bibit di Laboratorium BPDASHL Pemali Jratun, Dok. Warta Rembang, 2017

Terdapat belasan jenis bibit pohon yang menjadi perhatian pembudidayaan oleh BPDASHL Pemali Jratun, diantaranya bibit Sengon, Jati, Mahoni, Gmelma, Trembesi, Akasian Mangium, Nangka, Alpukat, Mangga, Petai, Matoa, Ketapang, Tanjung, Sawo Kecik, Cemara Laut, dan Eucalyptus. [ean]

 

Bibit yang akan dikirim ke Yayasan Bina Dhuafa Indonesia di Rembang, Dok. Warta Rembang, 2017
Inilah para pelestari di BPDASHL Pemali Jratun yang setia merawat bibit, Dok. Warta Rembang, 2017
Alur permohonan bantuan bibit di BPDASHL Pemali Jratun, Dok. Warta Rembang, 2017
Pemulia tanaman di BPDASHL Pemali Jratun, Dok. Warta Rembang, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.