Berburu Asap Cair Batok Kelapa

Wartarembang.com-Sebuah usaha yang hanya dianggap sebagai usaha sederhana, namun ternyata memiliki banyak manfaat. dapat kita ambil yaitu sebuah usaha pembuatan arang dari batok kelapa. Ternyata dari proses tersebut dapat menghasilkan 3 jenis asap cair yang dapat berguna bagi kesehatan. Asap tersebut merupakan hasil dari kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemi selulosa, serta senyawa karbon lainnya.

Proses pembuatan arang batok kelapa kami belum dapat melihat proses secara langsung, karena memang kami belum menemui pemilik maupun pekerjanya secara langsung karena belum ada komuniksi antara pekerja dan anggota kami. Jadi kami belum bisa melakukan observasi pembuatan arang batok kelapa.

Disana kami hanya mengambil dokumentasi dan hanya bisa melihat secara kilas tempat pembuatan arang tersebut. Disana kami hanya menemui hasil asap cair dari proses pembuatan arang tersebut. Sangat disayangkan kami tidak dapat melihat proses pembuatan secara langsung. Tidak hanya hambatan komunikasi karena saat itu juga tidak ada pruduksi pembuatan , jadi kami hanya sekedar mengambil gambar dan mengamati secara sekilas.

Namun  dari pengamatan pertama kami, kami sedikit mempunyai gambaran bagaimana sisa limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan arang tersebut. Dan kami sedkit menyipulkan bahwa manfaat yang dihasilkan dari asap cair tersebut sangtlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *