BeKraf Mengunjungi Sanggar Batik SMA Kartini Rembang

Tanggal 11 Oktober 2018, Tim Asesor datang ke SMA Kartini Rembang, meninjau mengenai rintisan batik di SMA Kartini. Tim Asesor tersebut adalah Penilaian Mandiri Kab/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) Lembaga Pemerintah non Kementerian BeKraf Indonesia. Kemudian dilanjutkan kegiatan tersebut dihari berikutnya, 12 Oktober, penandatangan MoU antara Pemda Rembang dengan BeKraf yang nantinya dengan MoU ini untuk mendapat bantuan dari pusat lebih mudah.

Tim Asesor datang ke SMA Kartini Rembang, meninjau mengenai rintisan batik di SMA Kartini (doc. Prastika Ristianingrum, 2018)

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Uji Petik Penilaian Mandiri Kab/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) yang dilaksakan mulai tanggal 10-12 Oktober 2018.

“Awalnya SMA Kartini Rembang mewakili salah satu akademisi, maksudnya satu-satunya SMA, akademisi yang lain berasal dari perguruan tinggi. Dalam pendampingan Kab/Kota kreatif di Jateng yang diselenggarakan di Ruang Audio Visual Pendopo Museum Kartini Rembang,” ungkap Ida Khoiriyah, Kepala SMA Kartini.

Akhirnya Kabupaten Rembang dinyatakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian BE KRAF (Badan Ekonomi Kreatif) menjadi Kabupaten Kreatif, setelah dilakukan Penilaian Uji Petik selama dua hari dibeberapa spot terpilih. Dan SMA Kartini memiliki peranan penting dalam hal tersebut.

Pada MoU tersebut ditetapkan bahwa Kabupaten Rembang terpilih Kabupaten Unggulan Kreatif dalam hal Kriya Batik Lasem. Dan ada dua sektor lain yang menjadi sub unggulan Kabupaten Rembang yaitu kuliner dan seni pertunjukan.

Tim Asesor BeKraf sedang mengamati kegiatan membatik di Sanggar Batik di SMA Kartini (doc. Prastika Ristianingrum, 2018)

“Saya sebagai keluarga SMA Kartini sangat bangga dan berharap dengan kedatangan ini nantinya akan menyuntikkan semangat anak-anak dalam berkarya khususnya membatik yang menjadi andalan di SMA Kartini Rembang,” pengakuan Prastika Ristianingrum, Guru SMA Kartini.

“Dengan adanya MoU ini semoga menjadi jalan untuk SMA Kartini Rembang agar terus maju dan Berjaya,” tegas Ida Khoiriyah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *