Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMA Pamotan

Rembang-SMAN 1 Pamotan bekerjasama dengan Polres Rembang menggelar Sosialisasi “Tertib Lalu lintas dan Bahaya Narkoba” pada Senin, 22 Agustus 2016. Bertempat di Aula SMAN 1 Pamotan, acara sosialisasi tersebut diikuti oleh ratusan siswa kelas XII baik IPA maupun IPS.

Menurut penuturan Suharnanto, M.Pd., selaku guru yang mengampu bidang ketertiban dan kedispislinan di SMAN 1 Pamotan, tujuan diselenggarakannya Sosialisasi “Tertib Lalu lintas dan Bahaya Narkoba” adalah untuk mencegah siswa memakai narkoba dan melakukan pelanggaran berlalu-lintas serta demi masa depan siswa itu sendiri.

“Kami dari pihak sekolah peduli sekali dengan masa depan siswa yang berkaitan dengan kesehatan atau dalam hal ini narkoba dan juga keselamatan yang berkaitan dengan tertib lalu-lintas. Itu semua kami sadari karena keprihatinan kami dari pihak sekolah melihat kondisi siswa saat ini secara umum yang rawan dengan penggunaan narkoba. Dan juga kami prihatin dengan pelanggaran yang dilakukan siswa dalam berlalu-lintas. Oleh karena itu kami ingin mencegah agar anak didik kami tidak terjerumus narkoba dan melanggar lalu-lintas.”

Terkait dengan pemilihan kelas XII (duabelas) sebagai peserta sosialisasi, guru yang juga mengampu pelajaran matematika tersebut menjelaskan dengan gamblang. Selain yang paling tua, menurut pihak sekolah kelas XII juga paling banyak menggunakan sepeda motor ketika berangkat ke sekolah.

Nurul Huzaimah, siswa kelas XII menuturkan, “Setelah saya mendapatkan pejelasan dari Pak Polisi, ternyata helm merupakan alat yang sangat penting saat mengendarai sepeda motor. Mamakai helm seharusnya bukan karena takut kalau ada polisi, melainkan demi keselamatan pengemudi sendiri. Selain itu pengendara sepeda motor harus mamatuhi rambu-rambu lalu lintas dan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Keadaan motor juga harus komplit, spion harus lengkap dan ukuran ban harus normal.”

Siswa sendiri merasa senang dengan adanya  Sosialisasi. “Saya dan teman-teman merasa sangat senang dengan adanya sosialisasi ini. Kami jadi lebih tahu bahaya narkoba dan mengapa harus menolak narkoba. Kemudian karena pentingnya acara ini kami berharap agar sekolah memberikan sosialisasi sejenis di tahun-tahun berikutnya.”

Nurul mewakili teman-temannya berjanji untuk melaksanakan apa yang telah disosialisasikan oleh pihak kepolisian dan berterimakasih terhadap sekolah yang telah menyelenggarakan acara tersebut.

“Kami siswa-siswi SMAN 1 Pamotan menjunjung tinggi adanya sosialisasi tentang ‘Tertib Lalu-lintas dan Jauhi Narkoba’! SMAN 1 Pamotan Yes Yes Yes! SMAN 1 Pamotan Tertib lalu lintas dan jauhi narkoba demi masa depan!” tutur Nurul mencontohkan yel-yel.

Lebih lanjut sekolah berharap agar siswa terhindar dari ancaman narkoba dan memperhatikan masa depannya yang masih panjang. SMAN 1 Pamotan memiliki tanggungjawab dan kepedulian kepada seluruh siswanya agar masa depannya gemilang serta apa yang dicita-citakan tercapai.[ean]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.