SMA Kartini Rembang, Memiliki Banyak Ekstrakulikuler Andalan

SMA Kartini adalah salah satu SMA yang membekali peserta didiknya dengan keterampilan yang disalurkan dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ini bersifat wajib ataupun pilihan, disesuaikan dengan keinginan peserta didik tersebut.

Ekstrakurikuler wajib di SMA Kartini diantarnaya Pramuka untuk kelas X, Menjahit, Membatik, dan Perhotelan. Sedangkan untuk ekstra pilihan seperti ekstra olimpiade, karate, musik, tari, jurnalistik, sastra indonesia, pmr, desain grafis. Ekstra Olimpiade meliputi mapel Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi.

Kegiatan membuat desan batik yang dilombakan menjadi motif seragam batik sekolah (doc. SMA Kartini, 2018)

Menurut Prastika Ristianingrum, Guru Sejarah SMA Kartini, menegaskan bahwa ekstra tersebut dilakukan agar peserta didik memiliki keterampilan ketika sudah lulus nanti. Tika, menambahkan, agar ketika peserta didik terjun ke lapangan kerja, mereka sudah memiliki bekal keterampilan dan tidak kalah dengan lulusan SMK.

“Semua Ekstra menjadi andalan di SMA Kartini Rembang terutama membatik, karena dewasa ini batik adalah salah satu warisan budaya yg sdh disahkan oleh UNESCO sehingga batik mulai berkembang terutama batik tulisnya,” pungkas Tika.

Saat ini SMA Kartini selalu berharap agar peserta didiknya memiliki kemampuan ini agar dapat bersaing dengan pengrajin batik lainnya. Selain itu batik SMA Kartini juga sudah mulai dijual ke khalayak umum dan mendapat respon positif dari masyarakat dengan cara mengikuti Rembang Expo tiap tahun.

Ekstra menjahit yang digelar didesain sedemikian agar memiliki kesinambungan dengan membatik. Diharapkan nantinya kain-kain batik yang sudah jadi, akan dibuat berbagai macam bentuk baju dan dapat dijual kembali.

Dan ada satu lagi ekstra unggulan yang dimiliki SMA Kartini, yaitu ekstra perhotelan. Menurut Kepala SMA Kartini, ekstra perhotelan memiliki manfaat bagi peserta didik yang mengikutinya.

“Nantinya mereka akan PKL di hotel-hotel yang sebelumya memiliki MoU dengan sekolah. Tahun kemarin peserta didik SMA Kartini Rembang praktek kerja lapangan di hotel fave selama satu  bulan. Setelah itu peserta didil mendapat sertifikat dari pihak hotel yang nantinya sertifikat tersebut dapat digunakan dalam melamar pekerjaan,” tegas Ida Khoiriyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.