Situs Prasejarah di Rembang

Kragan, wartarembang.com – Situs Selodiri salah satu situs megalitikum yang ada di daerah Rembang. Situs ini berada pada daerah perbukitan kawasan tambang kapur di desa Terjan, Kecamatan Kragan. Pengetahuan minim tentang benda cagar budaya membuat masyarakat sekitar acuh bahkan beberapa peninggalan tersebut ada yang hilang dikarenakan tangan – tangan jahil. Ancaman serius adalah dari pertambangan kapur yang ada di sekitar situs ini.
pra-sejarah-di-rembang
Situs ini berada pada bukit Selodiri. Nama Selodiri sendiri berasal dari kata “selo” yang bermakna batu dan “diri” adalah berdiri, jadi selodiri berarti batu yang berdiri. Sayangnya penulis belum sempat mengambil gambar batu yang berdiri di bukit Selodiri ini. Letak astronomis bukit Selodiri sendiri terletak pada 111 derajat 34′ 51″ bujur timur dan 6 derajat 41′ 2″ lintang selatan. Peneliti dari mancanegarapun pernah meneliti tempat ini diantaranya FDK Bosch peneliti asal belanda pada 1915 dan Orsoy de Flines pada 1940.

zaman-prasejarah-di-rembang

Pada situs ini ditemukan beberapa artefak berupa kepala binatang hingga susunan batu yang melingkar layaknya sebuah tempat pemujaan.Objek pada tempat ini diantaranya bebatuan zaman prasejarah berupa kepala katak, kepala buaya, serta kepala ular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.