Ratusan Pelajar Adakan Aksi Pencegahan Pernikahan Anak

Sedan, wartarembang.com – Ratusan pelajar mengikuti karnaval dalam rangka pencegahan pernikahan anak yang diselenggarakan Forum Anak Desa (FAD) desa Kumbo kecamatan Sedan kabupaten Rembang, Senin (28/9) kemarin.

Upaya penolakan pernikahan anak yang diselenggarakan forum anak tersebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa setempat.

Faizin selaku ketua pelaksana mengatakan, acara stop pernikahan anak ini diikuti oleh ratusan anak, diantaranya anggota dari forum anak desa, anak-anak desa, serta pelajar. “Kami juga menyediakan doorprize yang kami bagikan diakhir acara”, tambahnya.

Acara yang bertemakan ‘Katakan Ya untuk Mencegah Pernikahan Anak, Berikan Pendidikan yang Berkualitas bagi Anak’, ini merupakan inisiatif dari pencegahan pernikahan anak yang marak terjadi saat ini.

Sebagai wujud penggambaran ekspresi dari setiap peserta, panitia membagikan kertas kosong kepada peserta untuk diberikan tulisan penolakan pernikahan anak. “Sebelum acara karnaval dimulai, kami memberikan lembaran kertas kosong dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk menulis ekspresi penolakan dalam kertas tersebut”, jelas Faizin.

Ashadi selaku perangkat desa setempat kepada wartarembang.com mengatakan, pihak pemerintah desa sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Ini merupakan wujud pencegahan pernikahan anak yang baik, dengan pendekatan langsung kepada anak.

Lebih lanjut, Ashadi menuturkan, kenapa pernikahan anak ini harus dicegah, karena memang secara mental anak-anak belum siap dalam membangun rumah tangga. Sehingga pernikahan anak ini akan rawan terjadi penceraian.

Rangkaian acara event anak ini juga akan dilanjutkan dengan berbagai lomba dan pentas seni anak yang akan dilaksanakan pada awal Oktober ini. (A.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.