Promo Jelajah Pusaka Bahari Dasun

Berikut merupakan poster Jelajah Pusaka Bahari Dasun, guna mengundang berbagai pihak untuk terlibat dalam upaya pelestarian Pusaka Bahari Desa Dasun di Kecamatan Lasem. Adapun kegiatan Jelajah Pusaka Bahari Dasun adalah wisata berbasis pelestraian, dimana akan dipersembahkan pusaka-pusaka bahari di Desa Dasun dan juga aktivitas pelestariannya. Acara ini akan dilaksanakan pada Desember 2016. Sebelum terselenggaranya Jelajah Pusaka Bahari, akan ada pembuatan film aktivitas-aktivitas pelestarian pusaka bahari Dasun.

Dasun merupakan sebuah desa bahari di Kecamatan Lasem. Letaknya di bibir pantai Lasem dan memiliki garis pantai yang panjang. Penduduk Dasun mayoritas menggantungkan hidup sebagai nelayan dan petani tambak, membuat Desa Dasun memiliki pusaka bahari yang kuat. Keindahan pusaka alam dan pusaka saujana tak bisa diragukan. Gunung Lasem yang menjulang tinggi sangat indah jika dipandang dari Dasun. Sunraise dan sunset di pantai Dasun juga sungguh menawan. Tak jarang juga terlihat pelangi di Gunung Lasem ketika hujan reda. Sungai yang berkelok, hutan mangrove di kanan-kirinya, dan perahu-perahu nelayan yang bersandar di dermaga Dasun, membuat pelestarian pusaka sudah dilakukan secara alami oleh warga Dasun.

Dasun juga memiliki pusaka alam yang berupa; pantai, sungai, mangrove dan pusaka budaya seperti; tambak, pembuatan garam, memancing, nganco, mencari kerang dan tiram. Rastusan warga Dasun ternyata selama ini bisa hidup dengan aktivitas pelestarian pusaka. Ada pohon-pohon cemara laut berjajar rapi, juga ada pohon waru, mimbo, petai cina, jaranan, mangrove dan pandan. Tak jarang burung-burung bangau bertengger di ranting pohon mangrove dan mencari makan di sekitarnya. Ada sebagian penduduk Dasun yang memanfaatkan lahan pantai untuk bercocok tanam berupa kacang-kacangan, semangka, jagung, dan turi. Sebelum memasuki pantai Dasun, kita akan disambut tambak-tambak garam di kanan-kiri jalan setapak. Bukan hanya garam, tambak Dasun juga menghasilkan bandeng-bandeng kualitas unggul. Itulah mengapa kuliner Bandeng Bakar Sambel Kecap menjadi menu andalan ketika berkunjung ke Dasun.

Selamat datang di Jelajah Pusaka Bahari Dasun. Selamat ikut berpartisipasi dalam pelestarian pusaka bahari Dasun.[ean]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.