Pramuka SMPN 1 Rembang Adakan Bakti Sosial Pelestarian Lingkungan di Desa Dasun

Wartarembang.com– Pramuka SMPN 1 Rembang, Gugus Depan 10.101-10.102 melakukan Bakti Gudep untuk Indonesia di Desa Dasun, Lasem, Rembang pada Minggu (21/1/2018). Bakti Sosial ini dilakukan oleh Pramuka SMPN1 Rembang untuk ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan terutama di Desa Dasun.

Seremonial pembukaan Bakti Gudep untuk Indonesia, Gudep 10.101-10.102 Pangkalan SMPN 1 Rembang di RTH Dasun 21/1/2018 (dok: Dasun.desa.id)

Bakti Sosial dibuka di RTH Dasun oleh Kagudep SMPN 1 Rembang H. Budi Santoso. Dalam sambutannya, Kagudep ingin memberikan pembelajaran kepada anak-anak pramuka untuk terus mencintai lingkungan. Bakti Sosial ini dilaksanakan dengan kegiatan: Bersih-bersih lingkungan RTH Dasun; pemberian sumbangan bak sampah; pemberian papanisasi nama-nama tanaman di RTH Dasun; pemberian buku-buku bacaan di perpustakaan Desa Dasun; dan penanaman pohon mangrove di Sungai Dasun.

Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Gudep 10.101-10.102 Pangkalan SMPN 1 Rembang dengan Desa Dasun untuk melestarikan lingkungan dengan dukungan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Rembang 21/1/2018 (dok: Dasun.desa.id)

Kepala Desa Dasun, Sujarwo sangat mendukung dan mengapresiasi Bakti Sosial yang dilakukan oleh Pramuka SMPN 1 Rembang ini. Sujarwo bahkan mengkoordinasikan Karangtaruna Desa Dasun dan Komunitas Dasun Heritage Society (DHS) untuk mendampingi penuh anak-anak Pramuka SMPN 1 Rembang dalam melestarikan lingkungan Dasun.

Papanisasi nama-nama pohon di RTH Dasun berhasil dilakukan Pramuka SMPN 1 Rembang 21/1/2018 (dok: Dasun.desa.id)

Penanaman Pohon Mangrove menjadi acara pamungkas di Bakti Gudep untuk Indonesia ini. Anak-anak Pramuka SMPN 1 Rembang tampak cekatan, kompak, gotong royong menanam pohon dan memasang anjir meskipun kondisi lahan penuh dengan lumpur. Ini membuktikan anak-anak Pramuka SMPN 1 Rembang telah mempraktikan Dasa Darma Pramuka ke-2 “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”. [Exsan]

Bukan hanya penanaman mangrove saja, anak-anak Pramuka SMPN 1 Rembang juga diberikan materi penanaman pohon mangrove yang benar oleh komunitas Dasun Heritage Society, sebuah komunitas pelestari pusaka Desa Dasun, Lasem 21/1/2018 (dok: Dasun.desa.id)

sumber: dasun.desa.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.