Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan

wartarembang.com, Rembang- Program PerpuSeru Kabupaten Rembang kembali terlaksana dengan Pelatihan Pengembangan Perpustakaan (SPP) pada 7-10 Maret 2017 di Perpustakaan Daerah Rembang.

Pelatihan SPP ini melibatkan 4 Desa di Kabupaten Rembang yang telah dipilih dan menerima bantuan perangkat komputer dari PerpuSeru, yakni Desa Dasun, Desa Sanetan, Desa Trembes dan Desa Meteseh.

Sochib dari PerpuSeru Indonesia memberikan beberapa materi dalam Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan, Dok.wartarembang.com (07/03/2017)

Tujuan pelatihan SPP ini antara lain adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang pentingnya pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi. Kemudian, mengetahui strategi-strategi pengembangan perpustakaan yang meliputi: pelibatan masyarakat; peningkatan akses layanan komputer; dan strategi advokasi.

Peserta pelatihan SPP merasa sangat nyaman saat menerima materi pelatihan. Karena pelatihan dikemas dengan cara yang sederhana, menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa yang memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk berpartisipasi aktif dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Beberapa materi yang disampaikan dalam Pelatihan SPP ini antara lain: Strategi Peningkatan Layanan TIK; Strategi Pelibatan Masyarakat; Advokasi; Lobi; Promosi; sampai menyusun rencana kerja. Materi-materi tersebut disampaikan dengan cara yang interaktif, sehingga peserta pelatihan tidak merasa bosan dan selalu bersemangat.

Peserta Pelatihan Dari Perpustakaan Cahaya Ilmu Dasun, Dok.wartarembang.com (10/03/2017)

“Pelatihan Strategi Pengembangan Perpustakaan oleh PerpuSeru ini sangat menarik. Saya dan teman-teman saya tidak merasa terbebani saat menerima materi. Materi-materi yang disampaikan juga sangat variatif dan disampaikan oleh fasilitator yang profesional dari Perpusda Rembang,” ungkap Basit dari Perpustakaan Cahaya Ilmu, Desa Dasun.

Ke depan, para peserta di empat desa yang mengikuti pelatihan SPP dari PerpuSeru ini diharapkan mampu untuk menggerakan perpustakaan di desanya masing-masing untuk menjadi pusat kegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Tentu dengan merencanakan beberapa program kerja terlebih dahulu.

Selain pelatihan SPP ini, empat desa yang telah terpilih program PerpuSeru ini juga akan mendapatkan pelatihan TIK pada Rabu-Kamis, 15-16 Maret mendatang di Perpusda Rembang. [exsan/ean]

Peserta dari Perpustakaan Cindelaras Sanetan, dok.wartarembang.com, (10/03/2017)
Peserta dari Perpustakiaan Lentera Trembes dan Mutiara Ilmu Meteseh, dok.wartarembang.com (10/03/2017)
Pembelajaran yang nyaman di Perpusda Rembang, dok.wartarembang.com (10/03/2017)
Belajar menggunakan perangkat komputer saat mengerjakan pos test, dok.wartarembang.com (10/03/2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.