Manfaat Buah dan daun Ciplukan

Khasiat dan Manfaat Daun, Batang, Akar Ciplukan,- Ciplukan yang memiliki bahasa latin Physalis angula adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggian 0-1800 m dari permukaan laut. Ciplukan ini umumnya tumbuh liar seperti tumbuhan semak lainnya, yaitu banyak terdapat di kebun, sawah, tegalan, pinggir jalan dan lahan-lahan terbuka yang terkena sinar matahari.

Tumbuhan ciplukan ini bisa berumur sampai satu tahun dan tingginya bisa mencapai 1 meter. Ciplukan memiliki batang tegak ke atas, segi empat, berongga dan berwarna hijau. Daun ciplukan berbentuk bulat lonjong dan ujungnya runcing. Bunga ciplukan biasanya tumbuh di ketiak daun dan ketiak ranting pohon yang ujungnya mengangguk. Kelopak bunga seperti persegi lima, dan tajunya bersudut tiga dan meruncing, warnanya hijau dengan tulang rusuk keunguan. Mahkota bunga ciplukan tampak seperti lonceng dan berwarna kuning muda. Buah dari ciplukan terbungkus kelopak yang menggelembung seperti telur namun ujungnya runcing.

Khasiat dan Manfaat Ciplukan

Tak disangka tumbuhan ciplukan yang sering saya makan buahnya ketika masih kecil dulu, ternyata menyimpan manfaat dan khasiat yang begitu besar bagi kesehatan kita. Seluruh bagian dari tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai ramuan dan obat tradisional. Tahukan anda, karena kegunaan dari tumbuhan ciplukan ini sangat banyak bagi kesehatan kita, sekarang tanaman ini banyak dibudidayakan di Australia, Selandia Baru dan Amerika Selatan.
Ciplukan banyak mengandung zat-zat kimia yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya: C27H44O-H2O, asam sitrun, chlorogenik acid, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, withangulatin A, asam palmitat dan stearat, alkaloid, chlorogenik acid, kriptoxantin, vitamin C dan gula.

Ciplukan sebagai obat tradisional untuk pengobatan penyakit:

  • Borok atau bisul, caranya : pengobatan untuk borok, ambilah daun ciplukan kira-kira 1 genggam dan cuci bersih, tambah air kapur sirih 2 sendok  makan, kemudian tumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada luka/borok tersebut. Sedangkan untuk pengobatan Bisul: ambilah daun ciplukan kira-kira 1/2 genggam jangan  lupa dicuci kemudian digiling sampai halus. Lalu tempelkan pada bisul dan dibalut dan ganti 2 kali sehari.
  • Diabetes militus, caranya : ambilah pohon ciplukan yang sudah berbuah, ambil semua bagian ciplukan dari daun hingga akar kemudian cuci bersih, lalu biarkan dulu hingga layu, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tiriskan hingga airnya tinggal 1 gelas.
  • Influenza dan sakit tenggorokan, caranya : Ambil semua bagian dari tumbuhan ciplukan dan cuci bersih, potong seukuran 3-4 cm kemudian jemur, jika sudah agak kering ambilah dan bungkus agar tidak lembab, ambil 9-15 gr dan rebuslah, lalu diminum airnya. Lakukan 3 kali sehari.
  • Menurunkan tensi darah, nah untuk yang ini pengalaman pribadi yakni ketika tensi darah kakek saya naik, beliau sering mencari tumbuhan ciplukan untuk dijadikan obat tradisional menurunkan tensinya. Untuk caranya sama dengan penggunaan pada penyakit diabetes mellitus.

Tak bosan saya sampaikan, bahwa semua ciptaan Tuhan pasti membawa manfaat. Namun kebanyak orang-orang awam seperti kita kurang memahaminya, semoga ulasan tentang khasiat tumbuhan ciplukan ini bisa bermanfaat dan bisa jadi lantaran kesembuhan buat anda yang lagi sakit.

Tahukah anda, dari semua struktur tanaman ciplukan tersebut dapat membantu mengobati penyakit yang bisa di kategorikan dalam penyakit berat. Namun banyak orang yang selama ini memandang sebelah mata tanpa mengetahui khasiat obat tradisional tersebut, dan hanya merasakan buahnya yang manis saja tanpa mengetahui khasiat mujarab dari batang, daun dan akarnya. Zat bermanfaat dalam tanaman ciplukan terdiri dari :

  1.  vitamin C ,  gula, fisalin, tanin, kriptoxantin, polifenol dan steroid terletak pada  buahnya
  2. Asam palmitat, stearat terletak pada biji buahnya.
  3. flavonoid dan saponin terletak pada daun dan tunas
  4.  alkaloid terletak pada akarnya
  5. chlorogenic acid terletak pada batang dan daun

Selain zat bermanfaat di atas masih ada zat lainya seperti asam malat, asam sitrun, dan H2o yang semua zat- zat tersebut dapat membantu kesehatan tubuh anda.

Jika anda penasaran apa saja khasiat serta manfaat tanaman ciplukan? simak sajian berikut ini di mulai dari :

  • Manfaat Akar tanaman ciplukan

– Mengobati penyakit diabetes melitus,
cara menyajikan sebagai obat tradisional sebagai berikut
– pilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur, cabut tanaman tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan, sebelum di rebus, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian  rebus  akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar benar mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja. Berikutnya ambil air yang tersisa dan saring hingga bersih dari akar, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.

  • Manfaat buah ciplukan

– Mengobati penyakit ayan/ epilepsi
Jika anda atau anggota keluarga ada yang mengidap penyakit berbahaya ini, ada baiknya mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 butir setiap harinya, kandungan pada buah ciplukan dapat membantu mengatasi ayan secara berkala.

– Menurunkan darah tinggi
Khasiat buah ciplukan lainya adalah sebagai obat tradisional yang dapat membantu menurunkan darah tinggi/ hipertensi. Cara penyajian: ambil buah ciplukan sebanyak 5 gram saja, rebus dengan air sebanyak 110 ml selama kurang lebih 10 samapai 15 menit sambil terus di aduk. setelah sampai waktu yang di tentukan, saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di ingat adalah janganlah terlalu lama menyimpan karena akn mengurangi bahkan menghilangkan senyawa yang ada.

-Mengobati sakit paru- paru
Khasiat lainya adalah membantu mengobati penyakit paru- paru, namun kali ini bukan hanya buahnya saja, melainkan semua struktur pada tanaman mulai dari akar, daun, bunga, batang dan buah rebus sampai mendidih dengan air sebanyak 3 sampai 5 gelas saja, dan seperti sebelumnya saring kemudian minum secara rutin 3 X sehari

  • Manfaat daun ciplukan

–  Mampu melawan kanker
wow, hal yang sangat luar biasa, menurut beberapa penelitian kesehatan, steroid pada daun dan buah ciplukan bisa membantu melawan dan membunuh sel- sel ganas yang tumbuh dalam tubuh. Dan study tersebut juga menyatakan bahwa ekstrak tanaman ciplukan dapat mengecilkan ukuran tumor kanker.

Itulah tadi Khasiat Buah Ciplukan Untuk Obat Tradisional Herbal Mujarab yang perlu anda ketahui, secara garis besar tanaman ciplukan berfungsi sebagai antibakteri, antivirus, antihiperglikemi, imunostimulan, imunosupresan , antiinflamasi, analgesik, sitotoksik, antiinflamasi, antioksidan, analgesik, dan sitotoksik, meredakan batuk, menetralkan racun serta mengaktifkan kembali fungsi kelenjar tubuh dan anti tumor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.