Kisah Ibu dan anak Terusir dari Rumah Nyasar ke Rembang

Rembang, wartarembang.com – Kisah ibu dan anak ini sungguh memprihatinkan. Gara gara terusir dari rumah, niatnya akan pulang ke Sumenep, Jawa Timur, justru tersesat ke kota Rembang. Keberadaan keduanya dipergoki di sebuah rumah kosong, sebelah timur pondok pesantren Roudlotut Thalibien Leteh Rembang, Jum’at pagi (21 Agustus 2015).

Semula, Suryani (43 tahun) dan putrinya berinisial AN (09 tahun) tinggal di Banyuwangi Jawa Timur. Karena ada masalah keluarga, ia terusir. Sambil mengajak putrinya, AN, ingin ke kampung halaman di Kangean Kec. Arjasa Sumenep – Jawa Timur. Ia salah naik bus. Bukannya berhenti di Surabaya, malah terbawa hingga Rembang. Sampai akhirnya diturunkan oleh kondektur bus.

Gara gara perbekalan uang habis, Suryani dan AN nekat tidur di sebuah rumah kosong, timur Ponpes Roudlotut Thalibien.

Kebetulan, ada warga akan membersihkan rumah memergoki, kemudian berinisiatif melapor kepada petugas Satpol PP.

Kepala Seksi Penegakan Perda Satpol PP Kab. Rembang, Sudarno menjelaskan pihaknya langsung mendatangi lokasi. Setelah itu membawa ibu dan anak tersebut ke kantor Dinsosnakertrans di Jl Pemuda Rembang.

Karena kondisi sang bocah sangat lusuh, petugas Satpol PP bahkan rela menggendong AN menuju kamar mandi, supaya dimandikan dan memperoleh baju bekas layak pakai. Terkait penanganan, Sudarno menyerahkan sepenuhnya kepada Dinsosnakertrans.

Suryani mengaku hanya ingin pulang ke Sumenep dan tidak mau kembali lagi bertemu suaminya, tanpa memperinci apa alasannya. Namun dari raut muka wanita ini, tampak seperti memendam beban berat.

Pihak Dinsosnakertrans menyatakan sebenarnya bisa saja AN dibawa ke panti asuhan Harapan Bangsa Mbesi.

Namun untuk Suryani tidak terganggu kejiwaannya, sehingga tidak layak masuk panti rehabilitasi Pangrukti Mulyo.

Setelah diberi bekal uang saku secukupnya, petugas Dinsosnakertrans menyarankan agar pulang ke kampung halaman. Pegawai instansi tersebut juga membantu menghentikan bus di pinggir jalur Pantura.

Sumber : radior2b.com/2015/08/21/kisah-memprihatinkan-ibu-dan-anak-terusir-dari-rumah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.