Dinperindakop Gelar Lomba Batik 2015

Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2015 , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Dinperindagkop) dan UMKM setempat berencana menggelar lomba membatik.  kegiatan lomba ini di buka bagi pelajar  akan digelar di Showroom Batik Tulis Lasem (6/10).

”Pihak panitia sebelumnya juga sudah menyampaikan surat edaran ke sejumlah sekolah-sekolah. Harapannya kita akan lebih mudah dalam menjaring anak didik yang memiliki bakat untuk berkarya lewat karya batik ini,” ujar Arifin, Kepala Bidang Perindustrian pada Dinperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang, Senin (28/9/2015).

brosur lomba the last edit2Arifin menyebutkan Lomba Membatik bakal dibagi menjadi tiga kategori, yakni jenjang SD, SLTP, SLTA sederajat, dan umum. Menurutnya, lomba kali ini dilakukan secara mandiri atau perseorangan. Arifin menyebutkan tema membatik bagi siswa jenjang SD adalah menggunakan latar belakang Motif Batik Tulis Lasem Latohan, SLTP memakai motif Batik Tulis Lasem Pecahan, dan untuk SMA dan umum temanya adalah Batik Tulis Lasem Motif Sekar Jagad.

”Kegiatan ini kita harapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam menciptakan desain membatik. Sehingga Batik Tulis Lasem tetap eksis dan mampu bersaing di kancah internasional. Dari lomba ini kita juga harapkan tercipta motif baru dari kreativitas peserta,” kata Arifin.

Semoga dengan adanya lomba membatik ini masyarakat rembang menjadi semakin gemar untuk mengembangkan usaha batik tulis. Seperti Ibu Muizzah seorang pengusaha batik dengan merek dagang Rumah Batik Lasem yang beralamatkan di pamotan mengirimkan 4 peserta lomba untuk kategori umum. Muizzah atau yang kerap di sapa mba IS selalu mendelegasikan orang jika ada perlombaan baik lomba membatik, lomba mewarnai  atau lomba design karna ia  ingin membuat kerajinan batik ini selalu berkembang di daerah rembang ungkapnya saat di temui oleh  wartarembang.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.