Bibit Kluweh

Petani Rembang menyebutnya beton. Beton merupakan istilah lokal utk menyebut isi buah kluweh. Buah kluweh sendiri, bentuknya mirip buah sukun. Hanya saja seratnya seperti serat sayur gori/ nangka buah.  Entah kenapa disebut beton. Yang jelas, tekstur biji buah kluweh mirip seperti kulit beton bangunan. Mungkin karena itu, istilahnya disebut beton.
Beton sendiri biasanya tidak banyak dimanfaat utk dibudidayakan menjadi bibit. Karena pohon kluweh biasanya lebih mudah dibudidayakan melalui tunas akar.
Adapun beton isi kluweh biasanya digunakan untuk camilan sore. Beton dari buah yang matang, dibersihkan dengan air, kemudian di rebus hingga matang. Adapun kandungan beton isi kluweh ini adalah banyak mengandung nutrisi karbohidrat dan protein.
Banyak hal sumber pangan yg dimiliki petani. Dan tentu saja bahan pangan ini dapat dikembangkan utk keragaman jenis bibit yang dapat dimanfaatkan sedemikian. Lebih lebih karakter pohon kluweh dapat berfungsi menyerap kadar air yg dapat menjaga kelembaban tanah yang siap utk mendukung kedaulatan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.